Rabu, 04 Januari 2017

Makalah Royal tea roci Romi muhison


Makalah Enterpreneurship
Tema :

“Perintis Usaha Royal Tea Roci ( Romi Muhison )”


  









Oleh : Zakariya (MPI)
          



Jl. Raya Kepuharjo 18A Karangploso
MALANG

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.1        LATAR BELAKANG
Jalan berliku pastinya ditemui oleh setiap pengusaha. Kadang kala, cobaan malah berada dekat dengan sang entrepreneur. Seperti kisah Romi Muhison, owner Royal Tea Roci. Keinginan kuatnya menjadi seorang pebisnis sempat dipertanyakan kedua orang tuanya yang lebih menyukai Romi untuk berseragam PNS. Meski bertolak belakang, namun Romi tidak patah arang dan kecewa dengan kedua orang tuanya.

Hari demi hari dilalui Romi dengan terus memberi pengertian dan pembuktian dengan hasil positif yang diraih bisnisnya. Dengan kata lain, ia mulai sanggup menopang kebutuhan keluarga. Apalagi, ketika ia mulai menapaki jalan bisnis, sang Ayah telah tiada. Tekad Romi semakin kuat, sebab sebelum meningggal, Ayahnya mendoakannya sukses berbisnis. Padahal sebelumnya sang Ayah juga lebih menyukai Romi meneruskan langkahnya menjadi PNS. “Saya tak pernah bosan dan terus sabar untuk memberikan pengertian. Salah satu langkah yang pernah saya coba adalah dengan mengajak ibu saya untuk membuka stand di bazar-bazar. Rupanya beliau melihat, pilihan saya cukup membuahkan hasil. ‘Ternyata enak juga ya berbisnis’, begitulah kira-kira kalimat yang sempat terlontar dari Ibu,” kisah Romi.















 Kini buah kesabaran Romi menunggu keridhoan kedua orang tuanya adalah ekspansifnya Royal Tea Roci. Sejak membuka kemitraan, Royal Tea Roci beliau sudah memiliki sekitar 35 mitra yang tersebar di Indonesia. Bahkan dua buah outletnya sudah menjangkau Kuwait, Timur Tengah. Romi sendiri tak langsung membawahi para mitranya itu, sebab ia membuka master franchise untuk setiap kota. Jadi, lewat master franchisenya itulah ia mengelola para mitranya. Selain menjadi kepanjangan tangan Romi para mitranya yang menjadi master franchise akan selalu mendapatkan bonus bila ada mitra baru di kotanya yang bergabung.
Dalam sehari, Royal Tea Roci mampu menjual 30 gelas dengan omset yang bisa diraup mencapai Rp 6 juta/bulan. Tentulah dapat dikatakan bila omsetnya tergolong lumayan. Untuk karyawan sendiri, Romi saat ini telah memiliki 11 karyawan yang terdiri dari marketing, produksi, admin dan tim survei. Romi sendiri masih memiliki keinginan untuk membuka 60 mitra lagi. Peluang usaha minuman yang dilakoni Romi Muhison dengan merek Royal Tea Roci promosikan usahanya memalui berbagai pameran usaha. Hal ini diungkapkan oleh Lestari Amanda, salah satu asisten pengelola bisnisnya. “Awal berdirinya bisnis ini dimulai saat dia (Romi Muhison) ikut berbagai pameran usaha pada lima tahun yang lalu. Karena harganya terjangkau untuk buka usaha, jadi banyak mitra yang mau kerjasama.” Tutur Tari.

Namun masih menurut Tari, Romi baru membuka konsep kemitraan pada bisnisnya sejak dua tahun yang lalu. kini perkembangan bisnisnya mulai meningkat, dan bisnis minuman Royal Tea Roci sudah beroperasi total 30 outlet di wilayah Jabodetabek, Sukabumi, dan Lampung.











Bisnis minuman murah Royal Tea Roci menawarkan keunggulan produk yang tidak dimiiki oleh kompetitor yang sejenis. Romi membuat minuman berbahan dasar Teh dengan dua belas varian rasa, diperkaya dengan tambahan bubble, jelly, dan sari kelapa serta disajikan dengan konsep ice blended dan milkshake. Keunggulan lainnya, Tari mengatakan jika produk Royal Tea Roci tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, baik dari bahan baku hingga susu yang digunakan semua dalam keadaaan fresh.

Harga yang ditawarkan pun menjangkau semua kalangan, mulai dari Rp7000 hingga Rp9000. Umumnya target market mereka menjangkau para siswa sekolah dan kalangan anak muda. Walau sempat terkena dampak inflasi pasca naiknya harga BBM, namun Royal Tea Roci belum menyesuaikan harga terbaru hingga akhir tahun 2014.

Bisnis minuman murah Royal Tea Roci membuka peluang usaha bagi para investor yang ingin berkerjasama secara kemitraan. Investor tinggal memilih pilihan paket yang disediakan sesuai dengan modal yang dimiliki. Untuk paket Booth dibutuhkan modal sebesar Rp13 Juta, ada juga paket
Eksklusiv dibanderol dengan harga Rp38 Juta, dan yang terakhir paket

























Royal Tea Roci, Minuman Sehat Menyegarkan Masa Kini










Nama Brand

Royal Tea Roci

Tahun Berdiri

2012

Tahun Diwaralabakan

N/A

Total Investasi

Rp 15.000.000 - Rp 70.000.000

Franchise Fee

N/A

Royalti Fee

N/A

Nama Perusahaan

Mitra Usaha Bersama

Alamat

N/A

Kontak

021 - 51377000

 



Produknya sangat sederhana yaitu teh tetapi bukan teh biasa. Royal Tea Roci menawarkan keistimewaan rasa teh melalui sajian berbagai rasa buah-buahan segar yang di jus atau di blended dan dikocok (Shake) dingin dengan bubble, egg pudding dan jelly.



Pilihan tehnya sendiri terdiri dari berbagai rasa seperti green tea, thai tea, milk tea, dan original tea. Varian rasa buah yang bisa dinikmati juga variatif mulai dari stroberi, melon, mangga, anggur, jeruk dan lain-lain.



“Untuk aneka minuman smooties kita juga menyediakan berbagai macam antara lain bubble gum, vanilla, caramello, creamy chocolate, taro dan tiramisu,” ujar Romi Muhison, Owner Royal Tea Roci.



Bisnis yang tengah booming ini, sukses menyasar anak-anak sekolahan TK, SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa sebagai target pasarnya.



Hingga saat ini, Royal Tea Roci telah memiliki 80 outlet di berbagai kota di Indonesia. Antara lain, Bogor, Bandung, Surabaya, Lampung, Palembang, Medan, Jambi, Kupang, dan Papua.



Bahkan bisnis ini juga telah menjajaki pasar manca negara dengan membuka empat outletnya di Kuwait.



Melihat keunggulan produknya dan biaya investasi yang kecil, tidak heran jika calon investor ramai-ramai membidik bisnis ini untuk investasi. Tetapi Romi Muhison sangat selektif dalam memilih mitra.



Tawaran investasinya memang menarik, karena mitra Royal Tea Roci tidak membebankan biaya royalti atau franchise fee. Mitra cukup membayar investasi awal yang dibagi tiga paket investasi.



Paket investasi pertama, paket Booth Rp 15 Juta, mendapatkan booth, sealer, bahan baku awal, peralatan operasional, seragam, media promosi, dan buku panduan pembuatan royal tea.



Paket kedua, yaitu paket Royal Tea Roci Exclusive dengan investasi Rp 40 Juta, mendapatkan Booth Stainless Steel, blender 2 buah, bahan baku awal, peralatan operasional, seragam, daftar menu, sealer machine, cooler box, media promosi, dan peralatan kebersihan.



Sementara paket ketiga yaitu Master Kota Royal Tea Roci, atau pemegang hak ekslusif usaha dan merk atas bisnis dan produk usaha yang dapat dijual dengan mendapatkan profit yang telah ditetapkan oleh manajemen.

 http://www.royaltearoci.net/5/PELUANG-USAHA


  




v

4 komentar:

  1. Romi Muhison owner royaltearoci telah merugikan banyak orang

    BalasHapus
  2. Romi muhison owner royaltearoci telah merugikan banyak orang.

    BalasHapus
  3. wah saya korban Romi Muhison nih. ada yang terinfo beliau dimana?

    BalasHapus
  4. ROMI MUHISON BURONAN, HUB EMAIL PISSAHOLIC@GMAIL.COM KALO KETEMU NI ORANG! UTANG RATUSAN JUTA SI KAMPRET INI..

    BalasHapus