Makalah
Enterpreneurship
Tema :
“Perintis
Usaha Royal Tea Roci ( Romi Muhison )”
Oleh : Zakariya (MPI)
Jl.
Raya Kepuharjo 18A Karangploso
MALANG
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.1
LATAR
BELAKANG
Jalan
berliku pastinya ditemui oleh setiap pengusaha. Kadang kala, cobaan malah
berada dekat dengan sang entrepreneur. Seperti kisah Romi Muhison, owner Royal
Tea Roci. Keinginan kuatnya menjadi seorang pebisnis sempat dipertanyakan kedua
orang tuanya yang lebih menyukai Romi untuk berseragam PNS. Meski bertolak
belakang, namun Romi tidak patah arang dan kecewa dengan kedua orang tuanya.
Hari
demi hari dilalui Romi dengan terus memberi pengertian dan pembuktian dengan
hasil positif yang diraih bisnisnya. Dengan kata lain, ia mulai sanggup
menopang kebutuhan keluarga. Apalagi, ketika ia mulai menapaki jalan bisnis,
sang Ayah telah tiada. Tekad Romi semakin kuat, sebab sebelum meningggal,
Ayahnya mendoakannya sukses berbisnis. Padahal sebelumnya sang Ayah juga lebih
menyukai Romi meneruskan langkahnya menjadi PNS. “Saya tak pernah bosan dan
terus sabar untuk memberikan pengertian. Salah satu langkah yang pernah saya
coba adalah dengan mengajak ibu saya untuk membuka stand di bazar-bazar.
Rupanya beliau melihat, pilihan saya cukup membuahkan hasil. ‘Ternyata enak
juga ya berbisnis’, begitulah kira-kira kalimat yang sempat terlontar dari
Ibu,” kisah Romi.
Kini
buah kesabaran Romi menunggu keridhoan kedua orang tuanya adalah ekspansifnya
Royal Tea Roci. Sejak membuka kemitraan, Royal Tea Roci beliau sudah memiliki
sekitar 35 mitra yang tersebar di Indonesia. Bahkan dua buah outletnya sudah
menjangkau Kuwait, Timur Tengah. Romi sendiri tak langsung membawahi para mitranya
itu, sebab ia membuka master franchise untuk setiap kota. Jadi, lewat master
franchisenya itulah ia mengelola para mitranya. Selain menjadi kepanjangan
tangan Romi para mitranya yang menjadi master franchise akan selalu mendapatkan
bonus bila ada mitra baru di kotanya yang bergabung.
Dalam sehari, Royal Tea Roci mampu menjual
30 gelas dengan omset yang bisa diraup mencapai Rp 6 juta/bulan. Tentulah dapat
dikatakan bila omsetnya tergolong lumayan. Untuk karyawan sendiri, Romi saat
ini telah memiliki 11 karyawan yang terdiri dari marketing, produksi, admin dan
tim survei. Romi sendiri masih memiliki keinginan untuk membuka 60 mitra lagi.
Peluang usaha minuman yang dilakoni Romi Muhison dengan merek Royal Tea Roci promosikan usahanya
memalui berbagai pameran usaha. Hal ini diungkapkan oleh Lestari Amanda, salah
satu asisten pengelola bisnisnya. “Awal berdirinya bisnis ini dimulai saat dia
(Romi Muhison) ikut berbagai pameran usaha pada lima tahun yang lalu. Karena
harganya terjangkau untuk buka usaha, jadi banyak mitra yang mau kerjasama.”
Tutur Tari.
Namun masih menurut Tari, Romi baru
membuka konsep kemitraan pada bisnisnya sejak dua tahun yang lalu. kini
perkembangan bisnisnya mulai meningkat, dan bisnis minuman Royal Tea Roci sudah
beroperasi total 30 outlet di wilayah Jabodetabek, Sukabumi, dan Lampung.
Bisnis minuman murah Royal Tea Roci
menawarkan keunggulan produk yang tidak dimiiki oleh kompetitor yang sejenis.
Romi membuat minuman berbahan dasar Teh dengan dua belas varian rasa, diperkaya
dengan tambahan bubble, jelly, dan sari kelapa serta disajikan dengan konsep
ice blended dan milkshake. Keunggulan lainnya, Tari mengatakan jika produk
Royal Tea Roci tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, baik dari bahan
baku hingga susu yang digunakan semua dalam keadaaan fresh.
Harga yang ditawarkan pun menjangkau
semua kalangan, mulai dari Rp7000 hingga Rp9000. Umumnya target market mereka
menjangkau para siswa sekolah dan kalangan anak muda. Walau sempat terkena
dampak inflasi pasca naiknya harga BBM, namun Royal Tea Roci belum menyesuaikan
harga terbaru hingga akhir tahun 2014.
Bisnis minuman murah Royal Tea Roci
membuka peluang usaha bagi para investor yang ingin berkerjasama secara
kemitraan. Investor tinggal memilih pilihan paket yang disediakan sesuai dengan
modal yang dimiliki. Untuk paket Booth dibutuhkan modal sebesar Rp13 Juta, ada
juga paket
Eksklusiv dibanderol dengan harga Rp38 Juta, dan yang terakhir paket
Eksklusiv dibanderol dengan harga Rp38 Juta, dan yang terakhir paket
Royal Tea Roci, Minuman Sehat Menyegarkan Masa Kini
Nama Brand
Royal Tea Roci
Tahun Berdiri
2012
Tahun Diwaralabakan
N/A
Total Investasi
Rp 15.000.000 - Rp 70.000.000
Franchise Fee
N/A
Royalti Fee
N/A
Nama Perusahaan
Mitra Usaha Bersama
Alamat
N/A
Kontak
021 - 51377000
Produknya sangat sederhana yaitu teh
tetapi bukan teh biasa. Royal Tea Roci menawarkan keistimewaan rasa teh melalui
sajian berbagai rasa buah-buahan segar yang di jus atau di blended dan dikocok
(Shake) dingin dengan bubble, egg pudding dan jelly.
Pilihan tehnya sendiri terdiri dari
berbagai rasa seperti green tea, thai tea, milk tea, dan original tea. Varian
rasa buah yang bisa dinikmati juga variatif mulai dari stroberi, melon, mangga,
anggur, jeruk dan lain-lain.
“Untuk aneka minuman smooties kita
juga menyediakan berbagai macam antara lain bubble gum, vanilla, caramello,
creamy chocolate, taro dan tiramisu,” ujar Romi Muhison, Owner Royal Tea Roci.
Bisnis yang tengah booming ini,
sukses menyasar anak-anak sekolahan TK, SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa sebagai
target pasarnya.
Hingga saat ini, Royal Tea Roci
telah memiliki 80 outlet di berbagai kota di Indonesia. Antara lain, Bogor,
Bandung, Surabaya, Lampung, Palembang, Medan, Jambi, Kupang, dan Papua.
Bahkan bisnis ini juga telah
menjajaki pasar manca negara dengan membuka empat outletnya di Kuwait.
Melihat keunggulan produknya dan
biaya investasi yang kecil, tidak heran jika calon investor ramai-ramai
membidik bisnis ini untuk investasi. Tetapi Romi Muhison sangat selektif dalam
memilih mitra.
Tawaran investasinya memang menarik,
karena mitra Royal Tea Roci tidak membebankan biaya royalti atau franchise fee.
Mitra cukup membayar investasi awal yang dibagi tiga paket investasi.
Paket investasi pertama, paket Booth
Rp 15 Juta, mendapatkan booth, sealer, bahan baku awal, peralatan operasional,
seragam, media promosi, dan buku panduan pembuatan royal tea.
Paket kedua, yaitu paket Royal Tea
Roci Exclusive dengan investasi Rp 40 Juta, mendapatkan Booth Stainless Steel,
blender 2 buah, bahan baku awal, peralatan operasional, seragam, daftar menu,
sealer machine, cooler box, media promosi, dan peralatan kebersihan.
Sementara paket ketiga yaitu Master
Kota Royal Tea Roci, atau pemegang hak ekslusif usaha dan merk atas bisnis dan
produk usaha yang dapat dijual dengan mendapatkan profit yang telah ditetapkan
oleh manajemen.
http://www.royaltearoci.net/5/PELUANG-USAHA
Romi Muhison owner royaltearoci telah merugikan banyak orang
BalasHapusRomi muhison owner royaltearoci telah merugikan banyak orang.
BalasHapuswah saya korban Romi Muhison nih. ada yang terinfo beliau dimana?
BalasHapusROMI MUHISON BURONAN, HUB EMAIL PISSAHOLIC@GMAIL.COM KALO KETEMU NI ORANG! UTANG RATUSAN JUTA SI KAMPRET INI..
BalasHapus